5 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Anak Selama Pandemi

5 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Anak Selama Pandemi

Indonesia sudah melewati pandemi COVID-19 lebih dari setahun sejak muncul pada awal 2020 lalu. Namun, belum ada tanda yang menunjukkan pandemi akan berakhir sebab kenaikan pasien positif dan meninggal dunia masih tinggi. Tentu hal ini menjadi pertimbangan bagi pemerintah dan Dinas Pendidikan dalam menggelar belajar dari rumah sampai waktu yang belum ditentukan. Demi menjaga kesehatan dan mengurangi rasa bosan selama daring, pastikan Anda mengajak mereka memahami manfaat olahraga untuk anak-anak.

Jenis olahraga yang bisa dilakukan bersama anak

Manfaat olahraga untuk anak-anak di rumah saja bisa mendukung kesehatan tubuh tetap fit, bisa meningkatkan suasana hati lebih baik, melatih kekuatan fisik, menjaga metabolisme, dan menjaga berat badan anak tetap ideal. Pilih jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan orang tua bersama anak di rumah yaitu :

1. Senam

Anak bisa saja memiliki jadwal rutin senam bersama teman dan guru di sekolah. Selama kebijakan belajar dari rumah saja, Anda tetap bisa menjaga rutinitas tersebut dengan mengajak anak senam bersama. Gunakan panduan dari video di media sosial atau platform video agar senam bisa dilakukan lebih menyenangkan.

2. Menari

Menari bisa menjadi olahraga sebab bisa membuat anggota tubuh bergerak seiring dengan lagu yang diputar. Mau menari dengan musik tradisional atau break dance yang lebih modern, sesuaikan dengan selera masing-masing saja.

3. Lompat tali

Mencoba olahraga lompat tali yang seru dengan anak di rumah, kenapa tidak? Toh, lompat tali bisa dilakukan di halaman atau ruang indoor tanpa harus ke luar dari lingkungan rumah sendiri, kok. Jadi, Anda dan anak bisa tetap melakukan olahraga tanpa risiko terpapar virus corona.

4. Bulutangkis

Bermain bulutangkis pagi atau sore hari di halaman rumah yang agak luas, sah-sah saja. Anak akan terlatih dari segi kekuatan, stamina dan kemampuan motorik yang bermanfaat bagi perkembangan mereka. Anak tetap bisa fokus saat bermain olahraga sehingga ia tidak akan kehilangan konsentrasi saat belajar atau kembali ke sekolah kelak.

5. Bermain bola tangkap

Biar anak merasa senang menjalani pembelajaran dari rumah, ajak dia melakukan kegiatan olahraga sesekali. Bermain bola tangkap bisa menjadi hal yang menyenangkan sekaligus membuat anak menjadi lebih aktif bergerak. Risiko anak kecanduan ponsel karena belajar di rumah terlalu lama tidak akan terjadi lagi, bukan?

Tentu masih ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan bersama anak di rumah seperti bermain hula hoop, jogging atau bersepeda di sekitar kompleks hunian saja. Upayakan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan bila Anda mengajak anak berolahraga di luar rumah, ya! Manfaat olahraga untuk anak-anak selama pandemi tidak hanya bisa menjaga kesehatan saja, tetapi bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental dan kecerdasan otak terjaga.

Inilah Akibat Dari Tidak Menjaga Kelestarian Pada Lingkungan Sekitar Rumah Previous post Inilah Akibat Dari Tidak Menjaga Kelestarian Pada Lingkungan Sekitar Rumah
Kenali tanda anak kurang gizi dan solusinya Next post Kenali tanda anak kurang gizi dan solusinya