Inilah Akibat Dari Tidak Menjaga Kelestarian Pada Lingkungan Sekitar Rumah

Inilah Akibat Dari Tidak Menjaga Kelestarian Pada Lingkungan Sekitar Rumah

Jika kita memandang kebelakang lebih tepatnya tiga ratus juta tahun di masa lalu bumi merupakan hamparan luas yang berisi tumbuhan hijau yang tidak ketahui dimana ujungnya. Yang secara sederhana dapat di simpulkan pada masa tersebut bumi hanya terdiri dari flora dan fauna tanpa adanya manusia.

Kombinasi antara flora dan fauna pada tiga ratus juta tahun yang lalu tentunya tidak ada batasan dan tidak di ketahui ujungnya. Ini akan sangat berbeda jika kita berkaca di era modern ini, yang mana hutan tidak lagi mendominasi. Keberadaan flora dan fauna sudah tergerus oleh tingginya pembangunan gedung-gedung yang di alih fungsikan sebagai tempat belanja, pelayanan umum bahkan rumah pribadi. Hal tersebut juga membuat lingkungan di sekitar rumah sudah tidak lagi lestari.

Saat ini pemerintah Indonesia dan pemerintah negara lainnya sedang gencar mengkampayekan cara menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah tapi masih sedikit individu yang peduli akan kelestarian lingkungan, padahal hal tersebut memiliki dampak yang besar terhadap kehidupan umat manusia.

Berikut ini beberapa hal yang pasti atau sekarang sedang terjadi karena kita sebagai manusia tidak mau menjaga ataupun membuat lingkungan menjadi lestari.

Punahnya Hewan dan Tumbuhan

Punahnya hewan dan tumbuhan bukanlah sebuah isapan jempol atau sekedar gosip belaka  karena saat ini sudah terjadi kepada beberapa hewan yang ada di dunia di berbagai negara. Sebagai salah satu contoh yang baru-baru mengalami kepunahan adalah badak putih utara setelah dua ekor betina meninggal terlebih dahulu.

Penyebab kepunahan tersebut selain di karenakan perburuan tapi alam sudah lagi nyaman untuk mereka karena rusaknya ekosistem tempat mereka tinggal karena ulah tangan manusia.

Air bersih berkurang atau tidak tersedia

Air menjadi sumber kehidupan bagi manusia, hewan dan tumbuhan. Berkurangnya hamparan hutan ataupun vegetasi membuat tanah tidak lagi mampu menyaring serta menyimpan air bersih di dalam tanah. Hal ini membuat terbatasnya persedian air yang ada.

Hilangnya vegetasi di sebabkan karena penebangan secara bebas hutan mulai dari untuk membuat kertas hingga alih fungsi hutan untuk peradapan manusia.

Ketika pasokan air sudah tidak tersedia dengan baik maka manusia juga akan mengalami kepunahan sama hal dengan hewan dan tumbuhan

Oksigen berkurang

Akibat alih fungsi hutan menjadi perumahan hingga gedung-gedung tinggi juga membuat kadar oksigen yang tersedia menjadi berkurang. Ketika hal tersebut benar-benar terjadi sebenarnya kepunahan tidak hanya mengancara hewan dan tumbuhan tapi kita selaku manusia juga akan mulai teracam populasinya.

Oleh sebab itu kita sebagai manusia harus melakukan beradaptasi untuk menerapkan gaya hidup yang sehat, hijau serta alami agar lingkungan sekitar menjadi lestari. Dengan begitu kelangsungan hidup setiap makhluk akan lebih terjamin.

Resep Membuat Sate Taichan Senayan Enak dan Lezat Previous post Resep Membuat Sate Taichan Senayan Enak dan Lezat
5 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Anak Selama Pandemi Next post 5 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Anak Selama Pandemi