Beberapa Contoh Kata Konjungsi Temporal Berdasarkan Jenisnya

Kalimat Konjungsi Temporal

Perlu Anda ketahui jika konjungsi merupakan kata hubung, Sedangkan untuk temporer sendiri merupakan hal yang masih berkaitan dengan waktu. Dengan begitu, pengertian dari kalimat konjungsi temporal merupakan kata hubung yang masih berkenaan dengan waktu, entah itu dalam kalimat ataupun diantara kalimat.

Ragam Konjungsi Temporal

Konjungsi temporal sendiri terbagi menjadi dua macam, yaitu konjungsi temporal sederajat dan juga konjungsi temporal tidak sederajat. Agar Anda bisa lebih paham dari kedua tipe konjungsi tersebut, maka berikut ini merupakan ulasannya:

  • Konjungsi Temporal Sederajat

Untuk jenis Konjungsi temporal sederajat, sebetulnya memiliki sifat yang setara. Maksudnya, konjungsi ini ini karena menjadi penghubung di antara kalimat majemuk setara maka pastinya berada di bagian tengah kalimat.

Dan wajib untuk diketahui jika kalimat dari konjungsi temporal sederajat ini tidak akan dapat diletakkan pada bagian akhir ataupun awal kalimat. Sedangkan untuk contoh konjungsi temporal sederajat, akan menggunakan kata kemudian, selanjutnya, sebelumnya, setelahnya dan juga lalu.

  • Konjungsi Temporal Tidak Sederajat

Berbeda dengan jenis sebelumnya, untuk konjungsi temporal tidak sederajat akan menghubungkan beberapa kalimat, yaitu seperti kalimat majemuk bertingkat ataupun majemuk setara. Mengenai jenis konjungsi seperti ini dapat diletakkan pada bagian akhir kalimat, awal kalimat ataupun tengah kalimat.

  • Contoh Kalimat Konjungsi Temporal

Jika Anda penasaran bagaimana contoh konjungsi temporal yang baik dan juga benar. Maka langsung saja Anda bisa simak mengenai contohnya di bawah ini:

  • Setelah air sudah mendidih, kentang bisa dimasukkan secara perlahan ke dalam air yang tengah mendidih.
  • Aini kehilangan dompetnya, lalu ia pun segera melaporkan hal tersebut kepada wali kelasnya.
  • Karena kondisi pasien sudah membaik, selanjutnya pasien pun akan dipindahkan ke ruang perawatan umum.
  • Ratu tengah mengikuti aktivitas paskibra sore ini, setelahnya ia pun pulang ke rumah bersama dengan teman-temannya.
  • Perut Rani masih terasa sakit, sedangkan sebelumnya dia sudah meminum obat dari dokter.

Nah, kalimat konjungsi temporal terbilang sangat mudah bukan? Untuk itu Anda tidak perlu kebingungan lagi jika harus membuat sebuah kalimat yang harus menggunakan konjungsi temporal.

Susu Penambah Berat Badan Anak 1 Tahun terbaik dan berkualitas Previous post Susu Penambah Berat Badan Anak 1 Tahun terbaik dan berkualitas
Deretan Hp Oppo Terbaru yang Cocok Digunakan Tahun 2021 Next post Deretan Hp Oppo Terbaru yang Cocok Digunakan Tahun 2021