Pengembangan Wisata Labuan Bajo Lewat Ideathon

Pengembangan Wisata Labuan Bajo Lewat Ideathon

Sebagai salah satu kawasan wisata super prioritas, wisata Labuan Bajo memang terus berupaya dikembangkan oleh pihak terkait. Kolaborasi Badan pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), menghasilkan program Ideathon yang dinilai bisa menjadi sarana pengembangan wisata daerah tersebut.

Labuan Bajo merupakan desa yang letaknya ada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Letaknya di ujung barat dari Pulau Flores, dengan potensi wisata yang sangat besar. Wajar, jika upaya terus dilakukan untuk pengembangannya.

Tujuan Ideathon

Ideathon ini merupakan salah satu bentuk kompetisi yang digagas oleh BPOLBF, untuk menampung berbagai ide dari masyarakat untuk pengembangan wisata daerah tersebut.

Tujuannya adalah, untuk menjawab tantangan seperti apa ekonomi kreatif bergerak di daerah tersebut. Selain itu, ada tiga tujuan utama lainnya yang juga menjadi acuan pencarian ide-ide tersebut:

  • Solusi Mendorong Ekosistem Industri Pariwisata

Melahirkan inovasi baru yang akan membantu pertumbuhan pariwisata di Labuan Bajo. Termasuk perkembangan kuliner, fashion, hingga kriya yang juga memiliki potensi untuk dikembangkan disana.

Inovasi tersebut tentu akan disinkronisasikan, dengan berbagai upaya dari berbagai pihak terkait lainnya.

  • Promosi Awareness Pengembangan Wisata

Sebagai langkah promosi yang dilakukan, untuk memaksimalkan pengetahuan masyarakat tentang potensi wisata di daerah tersebut.

Dengan adanya Ideathon, semakin banyak warga yang menggali informasi tentang Labuan Bajo kemudian membantu mempromosikannya dengan ikut dalam kompetisi Ideathon tersebut.

  • Sinkronisasi Potensi

Mencoba melakukan sinkronisasi lebih mumpuni, antara sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan aset-aset alam yang ada di daerah tersebut. Sehingga kemajuan dari berbagai sektor di kawasan wisata bisa terwujud dalam waktu dekat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, juga sangat mengapresiasi adanya Ideathon, berharap bisa menjawab kegundahan sektor pariwisata yang sedang lesu karena serangan Pandemi Covid-19.

Apa Saja Fokus Ideathon Wisata Labuan Bajo?

Dalam gelaran Ideathon, ada beberapa fokus ide yang ditampung oleh pelaksana. Dimana para peserta bisa memilih kategori yang diinginkan. Diantaranya adalah:

  • Pariwisata

Di bidang pariwisata, akan difokuskan pada inovasi untuk memaksimalkan potensi wisata yang ada.

Mulai dari perbaikan kualitas manajemen transportasi dan perjalanan, yang akan dilakukan pengunjung di daerah wisata Labuan Bajo. Kemudian apa saja aktivitas liburan dan wisata yang bisa dilakukan selama berada disana.

Termasuk juga pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), yang ada di sektor pariwisata. Alhasil, nantinya pelayanan dan pariwisata bisa benar-benar memberikan efek positif bagi pengunjung maupun masyarakat lokal. 

  • Kriya

Kategori ini berhubungan dengan inovasi yang dapat dilakukan, untuk meminimalisir masalah akses pasar untuk pemasaran sejumlah produk lokal buatan warga Labuan Bajo.

Termasuk juga berbagai strategi, yang bisa dilakukan untuk melakukan pemasaran tersebut. Sehingga, hasilnya bisa menguntungkan pelaku usaha terutama masyarakat lokal dan produsen produk.

Selain itu, juga berhubungan dengan strategi untuk memberdayakan masyarakat agar lebih siap untuk menyambut wisatawan. Juga mempersiapkan diri untuk mengembangkan potensi yang ada.

  • Kuliner

Berhubung di Labuan Bajo sangat banyak kuliner, yang berpotensi untuk dijadikan ikon kuliner lokal. Diharapkan melalui Ideathon bisa didapatkan ide menarik, terkait bagaimana sistem pemasaran kuliner yang lebih mumpuni.

Selain itu, juga upaya seperti apa yang dapat dipilih untuk memberdayakan masyarakat untuk menggenjot sektor kuliner. Serta, cara-cara edukasi di bidang wirausaha kuliner yang juga dapat menjadi solusi jangka panjang.

  • Fashion

Buat kamu yang suka dunia fashion, sepertinya bisa ikut menyumbangkan idepengembangan Labuan Bajo. Seperti memaksimalkan inovasi di bidang tenun, terutama soal desainnya yang lebih modern tanpa meninggalkan jati diri tenun itu sendiri.

Hal terkait pemasaran produk fashion, juga dapat dijadikan poin utama dalam Ideathon yang dipilih.

Ideathon yang sudah digelar beberapa waktu lalu, memang sangat berpengaruh dalam memaksimalkan potensi Labuan Bajo. Banyak ide-ide menarik dari masyarakat Indonesia, yang akhirnya dijadikan acuan untuk pembuatan program yang lebih tepat sasaran.

Diharapkan nantinya Ideathon bisa berlanjut, bukan saja untuk daerah di Nusa Tenggara Timur tapi untuk semua daerah potensial yang ada di Indonesia.

Ternyata banyak cara yang bisa dilakukan, untuk mengembangkan wisata Labuan Bajo. Jika Ideathon yang dilakukan berhasil, maka nantinya tentu bisa dibuat program-program lain yang juga akan menggali potensi tersembunyi Indonesia.

Kenali Perbedaan Konsumsi Prenagen Mommy Emesis dan Mommy 2! Previous post Kenali Perbedaan Konsumsi Prenagen Mommy Emesis dan Mommy 2!